Panduan Lengkap 3D Printing
Bagian 1: Permulaan - Apa itu 3D Printing?

Pada kesempatan ini, kami ingin membagikan sedikit ilmu mengenai apa itu 3D printing, apa saja yang bisa dilakukan oleh 3D printing,

Sebelumnya, 3D Printing itu apa, sih?

Apa itu 3D printing? Apa kegunaannya? Bagaimana cara kerjanya? Yuk kita kupas!

3D Printing, atau yang juga dikenal sebagai Additive Manufacturing, adalah sebuah proses dimana objek 3-Dimensi dibuat oleh 3D printer dengan menyusun material secara berlapis sesuai model objek yang dicetak.

Ada berbagai macam metode 3D Printing, mulai dari Fused Filament Fabrication (FFF), Stereolithography (SLA),Electron Beam Melting (EBM), dan metode-metode lainnya yang nantinya akan kita bahas secara lebih detail pada bagian lain dari panduan ini.

1. Apa Saja Kegunaan 3D Printing?

Mulai dari buat action figure lucu hingga komponen mesin pesawat? Dengan 3D Printing, semuanya bisa!

Panduan Lengkap 3D Printing – Bagian 1: Apa itu 3D Printing? Crewolprint3D

3D Printer membuat kita bisa membuat benda-benda mulai dari action figure, mainan, dan benda-benda lainnya di rumah kita sendiri. 

Tidak seperti dahulu dimana 3D printer berukuran sangat besar dan mahal, sekarang banyak desktop 3D printer yang harganya murah, ukurannya kecil, dan mudah digunakan. Di luar negeri, sudah banyak orang yang memiliki 3D printer di rumah mereka masing-masing.

Untuk apa? Banyak! butuh gantungan baju? tempat gantung kunci? anak anda ingin mainan baru? tinggal download object siap print dari internet dan tinggal dicetak, selesai!

Dengan 3D printing, tidak hanya kemudahan yang kita dapat, namun juga seringkali jauh lebih murah untuk print object ketimbang membeli barang yang sama dari supermarket. Teknologinya juga sudah cukup berkembang dan objek yang dicetak pun juga tidak kalah kuat dari objek di toko, dan yang terbaik: anda dapat mengkustomisasi objek tersebut sesuka hati.

2. Apa saja yang dibutuhkan untuk 3D Printing?

Tergantung teknologi. 
Mulai dari desktop printer dan filamen hingga mesin 3D printing metal untuk industri. 

Salah satu printer terbaru kami, ReXYZ N2G buatan @rajawali3d , Produsen 3D Printer lokal dari Indonesia. 

Printer 3D FFF kami yang digunakan untuk project dengan build volume yang besar. 

Untuk panduan ini, kami akan membahas terlebih dahulu 3D Printing dengan metode Fused Deposition Material (FDM), yang merupakan metode paling mudah, praktis, dan murah bagi para pemula untuk masuk ke dunia 3D Printing. Cara kerja metode FDM adalah dengan melelehkan filamen yang selanjutnya akan ditata di bagian dasar (bed) dari 3D Printer, lapis demi lapis hingga membentuk objek yang diinginkan. 

Metode ini sangat mudah dan murah karena hanya memerlukan 3D printer yang ukurannya relatif lebih kecil daripada 3d printer dengan metode lainnya, dan filamen, yaitu gulungan material. 

 

Untuk biaya, metode FDM ini adalah metode yang paling murah dibandingkan metode lainnya. Kami melakukan survey di beberapa website E-Commerce lokal seperti Tokopedia, dan untuk harga dibawah Rp 5 Juta, banyak pilihan 3D Printer Entry Level yang dapat anda beli. Bahkan, untuk 3D Printer buatan lokal yang termurah, seperti ReXYZ A1 dari Rajawali 3D, dapat anda bawa pulang dengan harga Rp 3.250.000. 

Salah satu contoh filamen yang digunakan pada 3D Printer dengan teknologi FDM. 

Filamen yang digunakan pada 3D Printing metode FDM adalah filamen berupa gulungan meterial seperti ilustrasi diatas. Kami juga melakukan survey harga di E-Commerce lokal seperti Tokopedia, di tokopedia, Filamen dapat anda beli dengan harga berkisar Rp 165.000 – Rp 200.000, tergantung jenis material serta warna yang dipilih.  

Untuk mendapatkan object yang akan anda print, anda dapat membuatnya sendiri melalui aplikasi desain 3D (blender, Fusion360) atau anda dapat mengunduh object yang sudah jadi di website platform sharing seperti Thingiverse.com. Anda tinggal mencari objek yang anda inginkan, unduh, cetak, dan anda tinggal melihat 3D Printer membuat objek tersebut menjadi nyata. 

Kami juga aktif membuat objek dan membagikan objek tersebut melalui akun Thingiverse kami, silahkan mampir dan melihat-lihat objek buatan kami 

Jadi, 3D Printing tidak mahal dan tidak ribet, kan? 

Selamat datang di dunia 3D Printing!
Apabila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar dibawah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2020 Crewolprint3D.com 

All Trademarks belong to their respective owners.